Jokowi Bantah Klaim Rp 60 Miliar dari Prabowo

JAKARTA,SNOL Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), enggan mengomentari rumor soal dana kampanye Rp 60 miliar yang digelontorkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Dana itu disebut-sebut dipergunakan untuk kampanye dirinya bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2012.
Prabowo adalah juru kampanye pasangan Jokowi dan Basuki ketika pasangan itu diusung oleh PDI Perjuangan dan Gerindra. Sudah lama terdengar klaim kubu Prabowo bahwa mantan Danjen Kopassus itu yang paling ngotot untuk mengajukan Jokowi sebagai calon gubernur untuk diusung bersama PDIP. Soal dana pemenangan, Prabowo juga paling besar berkontribusi.
Menurut Jokowi, penjelasan yang disampaikan Wagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama, mengenai dana kampanye Jokowi-Ahok siang tadi sudah cukup jelas. Jokowi hanya menggelengkan kepala sambil tersenyum saat mendengar angka Rp 60 miliar.
“Itu sudah sama dengan Pak Ahok. Sudah dijawab sama dia. Saya tidak mau komentar lagi,” ujar Jokowi sesaat sebelum meninggalkan Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/4).
Sebelum berlalu, Jokowi sempat menegaskan rumor tersebut tidak benar.
“Tidak benar itu,” singkatnya.
Sekalian, Jokowi juga menyatakan dirinya tidak terlibat dalam Perjanjian Batutulis yang menjadi bahan perdebatan elite-elite kedua partai. Saat ditanya mengapa ia seakan enggan bersilaturahmi dengan Prabowo Subianto, mantan Walikota Solo itu pun mengalihkan pembicaraan.
“Saya waktu itu masih jadi Walikota di Solo. Tidak mengerti soal perjanjian itu,” katanya.(eli/ald/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.