Tepuk Tangan Warga Batusari untuk BPN Kota Tangerang

Sertifikasi Eks Tanah Titisara di Batusari Selesai
TANGERANG,SNOL Bahagia, senang dan haru, mungkin perasaan itulah yang dirasakan warga Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper.
Penantian panjang selama 60 tahun untuk mendapatkan kejelasan terkait status hak atas tanah yang mereka tempati saat ini, terjawab sudah ketika Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang menyerahkan sertifikat tanah eks Titisara secara simbolis kepada 8 orang perwakilan warga, Jumat (4/4) malam.
Tepuk tangan ratusan masyarakat memecahkan malam kala itu, bahkan puluhan kembang api meluncur indah ke langit, seakan menandakan kebahagiaan warga, ucapan takbir menggema dari bibir-bibir warga yang hadir sebagai bentuk syukur telah mendapat kejelasan atas hak tanahnya.
Ketua Pokja Sertifikasi tanah eks Titisara warga Batusari Mahyudin (59) mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada BPN Kota Tangerang dan bank BRI yang telah memfasilitasi warga Batusari untuk mendapatkan sertifikat tanah tersebut.
“Tim kami ini merupakan generasi kelima dalam upaya warga mengurus hak atas tanah selama 60 tahun silam ini. Pengorbanan ini selalu mentok selama kurun waktu tersebut, tapi alhamdulillah kali ini usaha masyarakat bisa direalisasi,” ujar Mahyudin, usai menyerahkan sertifikat secara simbolis.
Senada diungkapkan Khaerudin Ketua RW 04 Kelurahan Batusari. Dirinya meminta kepada pihak BPN agar jangan sampai tertinggal satu warga pun dalam pengurusan sertifikat tanah.
“Kami benar-benar sangat terbantu dengan pihak BPN, yang terus mendorong kami agar segera menyelesaikan sertifikat tanah ini. Sementara untuk BRI, kami juga terima kasih karena memberikan talangan uang untuk mengurusnya. Sudah dibantu, bisa dicicil lagi pembayarannya,” kata Khaerudin.
Abdur Rahman (73) salah seorang warga yang menerima sertifikat mengungkapkan, sudah dari sejak kecil dia tidak punya kepastian atas tanahnya, dan baru sekarang dia mendapatkan kepastian. Kakek berusia lanjut yang mempunyai tanah seluas 78 meter persegi yang dijadikan rumah di RT 02/03 tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya.
“Alhamdulillah proses ini berjalan dengan baik setelah saya dan warga lain menunggu lama. Pokoknya perasaan saya sangat senang dan bahagia tanah itu sudah menjadi hak milik saya yang dibuktikan dengan sertifikat,” ucapnya.
Dijelaskan Abdur, meskipun sertifikat tersebut tidak diberikan secara gratis dikarenakan pengurusannya secara massal sehingga adanya potongan tarif dari BPN, dirinya tidak keberatan untuk membayar karena pembayarannya dibantu BRI melalui angsuran.
“Tidak keberatan kok, bayarnya juga murah dan masih wajar. Saya membayar sekitar 300-400 ribu. Dan pembayarannya juga melalui Bank BRI,” tegasnya.
Tokoh masyarakat Batusari Kecamatan Batuceper, Ust. Asmani mengatakan bersyukur sudah selesainya proses serti-fikasi masal tanah. Dirinya pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama semua pihak baik dari panitia, BPN, Walikota, camat, Lurah, RW/RT dan seluruh warga.
Kepala BPN Kota Tangerang Himsar mengatakan, dari 1.194 bidang tanah eks Titisara yang akan diproses menjadi sertifikat, sekitar 1.065 telah didaftarkan oleh masyarakat sisanya 130 bidang belum diserahkan.
“Saat ini BPN Kota Tangerang telah meng-SK-kan 800 bidang untuk diproses menjadi sertifikat hak milik warga Batusari,” tuturnya. (jojo/made/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.