Mega Masih Berharap PDIP Bisa Tembus 20 Persen

JAKARTA,SNOL Hitung cepat versi Jaringan Survei Indonesia (JSI) telah menempatkan PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu legislatif (pileg) yang digelar hari ini.

JSI yang digandeng PDIP untuk melakukan hitung cepat secara mandiri, menempatkan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu berada di urutan teratas dengan raihan 18,82 persen.
Megawati dalam jumpa pers di rumahnya di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (9/4) petang mengklaim partainya unggul sekitar 4 juta suara dari pemenang kedua yang dipegang Golkar.
Menurutnya, PDIP mampu leading di 15 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DIY, Bali, Sumatera Utara, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Maluku.
Hanya saja  Megawati masih tetap berharap hasil akhir yang diraih PDIP bisa melampaui penghitungan versi quick count. “Saya berdoa sebetulnya lebih dari 20 persen,” kata Megawati yang didampingi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Puan Maharani.
Karenanya, PDIP akan terus memantau rekapitulasi manual di KPU. “Saya harap masyarakat terus menjaga proses perhitungan ini sampai akhir di KPU,” kata
Meski demikian Presiden RI kelima itu tetap memuji kader-kadernya. Sebab, kemenangan itu merupakan buah dari kegigihan, kesabaran dan ketekunan kader-kadernya.
Sedangkan Puan menyebut rekapitulasi akhir di KPU nanti tak akan jauh dari versi quick count. Asalkan tidak ada manipulasi, kata Puan, hasil hitung cepat itu tak berbeda jauh dengan versi manual di KPU.
Meski demikian Puan tetap senang karena partainya menang. “Semoga PDIP diberi kesempatan di tahun menentukan ini karena ini adalah hasil kerja bersama,” pungkasnya.
Berdasarkan hitung cepat JSI, sudah masuk data 1502 dari 2000 tempat pemungutan suara. Angka itu sudah melewati 75,6 persen. Sementara tingkat partisipasi pemilih mencapai 71,5 persen.
PDIP unggul dengan raihan  18,82 persen. Di bawah PDIP adalah Partai Golkar dengan raihan 15,77 persen. Sedangkan Gerindra di peringkat ketiga meraih 11,55 persen.
Kejutan justru muncul di partai papan tengah. PKB mampu mengungguli Partai Demokrat. PKB dari hitung cepat JSI mendapat 9,94 persen, sedangkan PD mendapat 9,39 persen.
Selanjutnya ada PAN dengan 7,76 persen, Nasdem (6,42 persen), PPP (6,34 persen), PKS (6,33 persen) dan Hanura (5,14 persen). Sedangkan PBB hanya mendapat 1,5 persen dan PKPI sebagai juru kunci cuma 1,02 persen.
Taufik Anwari dari JSI yang memantau hitung cepat di kediaman Megawati itu mengatakan, angka itu tidak akan banyak berubah. “Sejak di kisaran 67 persen tadi sudah stabil,” katanya. (ara/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.