Pengesahan APBD-P 2014 Dipercepat

TIGARAKSA,SN—Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan  (APBD-P) atau Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Kabupaten Tangerang Tahun 2014, kabarnya akan dipercepat. Bahkan pengesahannya sudah ditargetkan bisa dilakukan sebelum ada pergantian anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari periode 2009-2014 ke periode 2014-2019.

Salah satu sumber Satelit News di lingkup Pemkab Tangerang yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan, pembahasan ABT 2014 ini akan dipercepat dan bahkan pengesahannya pun ditargetkan sudah bisa dilakukan pada bulan Mei – Juni 2014. Sumber tersebut beralasan percepatan dilakukan selain agar proyek pembangunannya selesai sesuai jadwal, juga agar APBD-P tersebut pengesahannya bisa dilakukan oleh DPRD periode 2009-2014.

“Kalau pembahasan dan pengesahannya dilakukan bersama anggota DPRD yang baru hasil Pemilu Legislatif kemarin, dikhawatirkan nanti bakal molor,” ungkap sumber tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, membantah rencana percepatan pembahsan dan pengesahan APBD-P 2014 tersebut berkaitan dengan adanya pergantian anggota DPRD dari periode 2009-2014 ke periode 2014-2019. Namun Zaki tidak menampik adanya rencana percepatan itu.

“Kalau rencana percepatannya iya. Tapi itu ga ada kaitannya dengan pergantian dewan. Kita sih gak ada urusan dengan pergantian itu, yang penting gimana caranya APBD-P 2014 pengesahannya tidak molor seperti tahun-tahun sebelumnya,” bantah Zaki kepada Satelit News melalui ponsel genggamnya, Rabu malam.

Percepatan pengesahan ini dilakukan setelah berkaca dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, APBD-P kerap disahkan saat mendekati akhir tahun seperti di Bulan Agustus, September atau Oktober. Akibatnya, pengerjaan proyek seringkali tidak sesuai jadwal. Bahkan banyak proyek yang tidak selesai dikerjakan lantaran masa kerjanya sudah habis.

Alasan lain APBD-P 2014 disahkan lebih cepat, agar perbaikan infrastruktur yang sifatnya mendesak serta pelayanan lainnya bisa segera teratasi. Semisal, masalah jalan di wilayah Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu dan kondisinya kini cukup memprihatinkan. “Di APBD murni, Pemkab tidak menganggarkan dana untuk perbaikan jalan itu. Pemkab baru bisa menganggarkannya di APBD-P. Kalau pengesahaannya molor lagi, kasihan masyarakat. Nanti kalau kondisi jalannya semakin parah itu bisa bahaya bagi keselamatan masyarakat dan pengguna jalan,” tuturnya.

Zaki sendiri menargetkan pengesahan APBD-P 2014 nanti sudah bisa dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri Akhir Juli mendatang. Bahkan akan lebih baik lagi jika bisa dilakukan sebelum memasuki puasa Ramadhan. Sehingga, proyek sudah bisa ditenderkan di bulan Agustus. “Dengan begitu ada waktu empat bulan untuk mengerjakan dan menyelesaikan proyeknya,” pungkasnya. (Jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.