Ratusan HP Disita dari Napi

SERANG,SNOL—Ratusan narapidana di sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Banten ditemukan menggunakan alat komunikasi jenis handphone (Hp).Dalam razia yang dilakukan petugas dari Kementrian Hukum dan HAM kantor wilayah Banten, di Lapas dan rumah tahanan (rutan) di Banten selama 2014, ditemukan sedikitnya 350 unit Ponsel dari tangan para Napi. Barang sitaan tersebut kemudian dimusnahkan kementrian Hukum dan HAM Provinsi Banten, di halaman lapas kelas II Serang, Minggu (27/4).

“Hp ini hasil razia selama tahun 2014 dan hari ini (kemarin,Red) kita musnahkan. Barang bukti handphone berbagai jenis dan merek ini dimusnahkan dengan cara dibakar,” ujar Kepala kantor wilayah Kemenkumham Banten, Danan Purnomo, di sela sela perayaan hari bhakti pemasyarakatan yang ke 50 di Lapas kelas IIA Serang.

Selain telepon seluler, kemenkumham juga memusnahkan sejumlah barang sitaan lainnya yang dilarang berada di dalam Lapas maupun Rutan, seperti pil dextro, pisau, gunting, televisi dan peralatan listrik lainnya serta barang elektronik.

Pemusnahan barang bukti ini untuk menciptakan Lapas yang bersih dan mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. “Pihak Lapas mapun Rutan yang ada di Banten akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan Lapas yang bersih dan aman dari segala hal seperti pungli, narkoba, handphone,” tukasnya.

Terkait penjagaan, pihaknya akan memperketat barang maupun orang yang ingin masuk ke dalam di pintu masuk maupun lingkungan Rutan/Lapas. Tujuannya untuk menghindari masuknya barang-barang terlarang ke Lapas dan Rutan, termasuk narkoba.

“Kami akan memperketat penjagaan, termasuk memeriksa barang yang akan masuk ke dalam Lapas/Rutan,” imbuhnya.

Masuknya barang-barang terlarang ke Lapas maupun Rutan tidak hanya lewat pintu masuk, namun juga disinyalir lewat cara lainnya. (bagas/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.