33 Ribu Pemudik Baru Diprediksi Padati Pelabuhan Merak

MERAK, SNOL–  Pemudik yang menggunakan kendaraan umum dan menyeberang di Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat sebesar 3 persen disbanding tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, pemudik jenis ini mencapai 1.129.479 orang, Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 1.163.363 orang, atau bertambah sekitar 33 ribu orang lebih.

“Untuk yang menggunakan kendaraan diprediksi meningkat 5 persen disbanding tahun sebelumnya yang hanya 221.558 orang,” kata Mario S Utomo, Manajer Humas PT ASDP Indonesia Ferry Merak, kemarin.

Mario menambahkan, puncak arus mudik juga diperkirakan juga berbeda dari tahun sebelumnya yang terbagi ke dalam dua tahap, yakni pada H-5 dan H-3 Lebaran.

“Tahun ini diperkirakan hanya akan terjadi satu puncak arus mudik, yaitu pada H-2. Itu karena Lebarannya jatuh pada hari Selasa, sehingga puncak arus mudik diperkirakan pada hari Sabtunya,” kata Mario.

Lebih jauh Mario mengungkapkan sejumlah persiapan yang akan dilakukan pihaknya menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. ASDP Merak, kata Mario, Lebaran tahun ini akan mempublikasikan peta kedatangan pemudik, sehingga memudahkan pemudik menemukan rute menuju dermaga dan kapal.

“Kita juga akan menyiapkan koridor permanen, konveyor untuk mempermudah penumpang mengangkut barang di loket. Kita juga akan membuat pembagian rute pejalan kaki di gangway, baik menuju atau dari kapal, supaya tidak bertabrakan antara penumpang berangkat dan turun,” paparnya.

Loket tiket, lanjut Mario, juga akan dilakukan penampbahan. Pihaknya akan menyiapkan sebanyak 10 loket untuk pemudik dengan sepeda motor, 5 loket untuk mobil pribadi, 1 loket untuk truk. “Loket penumpang pejalan kaki akan kita siagakan sebanyak 6 loket di pintu masuk reguler, 1 loket di stasiun, 1 loket tambahan, dan 1 loket cadangan di dekat mushola,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, 3 dari kapal yang melayani penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheuni rusak, sehingga dipastikan tidak akan diturunkan pada arus mudik-balik Lebaran tahun ini. Meski begitu, kekuatan 43 kapal yang tersisa diyakini dapat mengatasi lonjakan penumpang. Pasalnya, Lebaran tahun lalau, dari 41 kapal yang disiagakan, hanya 38 kapal yang dioperasikan. (NAL/IDM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.