Cuaca Buruk, Antrean Truk Mengular di Pelabuhan Merak

MERAK,SNOL— Ratusan truk ekspedisi tujuan Pulau Sumatera kembali mengantre di Pelabuhan Merak, Jumat (27/6). Antrean ratusan truk ini terjadi hingga keluar pelabuhan, tepatnya di sepanjang jalan Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol.

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna ketika dikonfirmasi melalui telepon genggamnya mengatakan, antrean di luar pelabuhan terjadi hingga di sekitar Rumah Makan Simpang Kapau, kurang lebih sebanyak 600 truk.

Antrean tersebut mulai terjadi sejak Jumat dini hari akibat cuaca buruk yang kembali melanda perairan Selat Sunda. Hal ini menjadikan kapal susah sandar di dermaga. “Kalau angin tidak terlalu kencang, tetapi alun bawah laut yang sangat deras. Bahkan kapal yang sandar di dermaga tambangnya sempat putus akibat terus digoyang arus,” ujarnya.

Antrean ini juga terjadi akibat meningkatnya volume kendaraan jelang bulan suci Ramadhan, dan meningkatnya penumpang karena bertepatan dengan libur sekolah. “Kendaraan pribadi yang biasanya hanya 1300, tadi malam kita seberangkan 2900 kendaraan,” tambahnya.

Agar antrean tidak terus terjadi, Nana menambahkan, PT ASDP Indonesia Ferri mengoperasikan 26 kapal ferry, dan mempercepat proses bongkar muat. “Dua dermaga yaitu empat dan lima tidak dapat operasi dengan optimal, jadi kita percepat bongkar muat kendaraan,” katanya. (mg13/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.