Alotnya Pembahasan Pendamping Rano Karno

SERANG,SNOL Penentuan calon pendamping calon petahana Rano Karno masih alot. Sampai hari terakhir menjelang sekolah demokrasi yang dilaksanakan PDIP hari ini, belum ada kepastian nama yang bakal diusung menjadi cawagub.

Sebelumnya, koalisi PDIP menyampaikan bahwa pendamping Rano bakal diputuskan sebelum tanggal 6 September 2016 hari ini. DPP PPP sampai semalam masih membahas calon pendamping Rano yang akan diusulkan ke parpol koalisi.

Sampai pukul 22.20, PPP belum memutuskan calon pendamping RK. Padahal, setelah rapat internal, PPP juga harus rapat dengan PDIP.

“Rapatnya baru dimulai. Setahu saya (sampai semalam), yang ikut sekolah partai hanya RK. Wallahua’lam kalau tiba-tiba ada lagi dari Banten yang ikut sekolah partai,” kata Wakil Ketua Umum DPP PPP, Mardiono, Senin malam (5/9), saat ditanya apakah sudah bertemu dan membahas calon pendamping Rano Karno bersama dengan PDIP.

Dari informasi yang beredar di lapangan, pengumuman siapa pendamping Rano akan diumumkan hari ini, berbarengan dengan penetapan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, Rano Karno mulai kemarin mengikuit sekolah kader yang diselenggarakan di DPP PDIP. “Hari ini, nanti sore (kemarin, red) saya masuk sekolah kader,” kata Rano.

Meskipun dia mengaku sudah menerima perintah untuk mengikuti sekolah kader dari DPP PDIP di Jakarta, tetapi dia mengaku belum mengetahui siapa yang akan mendampinginya sebagai bakal calon wakil gubernur yang juga diundang untuk mengikuti sekolah kader tersebut.

“Saya belum tahu. Mudah-mudahan nanti setelah kelar sekolah kader,” kata Rano saat ditanya siapa yang direkomendasikan DPP PDIP sebagai bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya.

Pada tahap pertama, kata Rano, peserta yang mengikuti sekolah kader tersebut sekitar 70 orang dari seluruh Indonesia. “Pesertanya banyak, kemarin sekitar 70 orang, sekarang termasuk Djarot juga ikut. Yang dari Banten aku nggak tahu siapa,” kata Rano.

Ketua DPD PDIP Banten HM Sukira mengatakan, masih menunggu keputusan dari DPP PDIP terkait pengumungan bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Rano pada Pilgub Banten. DPD juga belum mendapatkan informasi terkait sosok bakal calon Wakil Gubernur Banten, meski sebelumnya DPP PDIP menyampaikan bahwa pendamping Rano diputuskan sebelum 6 September.

“Sampai hari ini (kemarin) kami di DPD juga masih menunggu. Belum ada kabar siapa-siapanya. Nanti kalau sudah ada informasi pasti kami sampaikan,” kata Sukira.

Sebelumnya Koordinator Wilayah Jabar dan Banten DPP PDIP Ribka Tjiptaning mengatakan, DPP PDIP akan mengumumkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur lambat tanggal 5 September atau sehari sebelum dilaksanakan sekolah kader tahap II.

Ketua DPW Nasdem Banten Wawan Iriawan mengaku masih berkomunikasi secara intensif dengan PDIP. Komunikasi itu dilakukan dalam upaya membangun koalisi Pilgub Banten. “Kalau saya menjadi salah satu nama yang dibahas sebagai calon pendamping Rano, ya terima kasih,” katanya.

Ketua DPC PKB Pandeglang Toni Fathoni Mukson mengatakan, PKB belum secara resmi memutuskan pengusungan calon. (rus/aep/gatot/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.