Uji Kelayakan Kepala BIN Digelar Tertutup

JAKARTA,SNOL Komisi I DPR RI diagendakan akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) terhadap Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) pada Rabu (7/9) esok hari.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin tak ingin merinci pertanyaan apa saja yang akan mereka tanyakan pada Komjen BG.

“Itu nanti tergantung per anggotanya masing-masing,” ujarnya di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9).

Namun demikian, politisi PDI Perjuangan ini menekankan bahwa pihaknya tentu akan memberikan perhatian khusus bagi kinerja BIN terkait pemberantasan terorisme dan masalah-masalah proteksi perlindungan warga negara seperti kasus penculikan.

“Itu menjadi tanggung jawab sebagai kepala BIN memberikan informasi yang valid, aktual, dan terpercaya dalam memberikan masukan untuk keputusan presiden,” lanjutnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Kang TB ini menjelaskan bahwa fit and propertest yang dilakukan oleh Komisi I terhadap calon kapala BIN sesungguhnya hanya bersifat pertimbangan DPR yang diberikan kepada presiden. Bukan untuk menyetujui ataupun menolak kepala BIN yang telah diajukan.

Kang TB mengungkapkan bahwa proses fit and propertest akan dilakukan secara tertutup. “Saya kira agar bebas dalam tanya jawab akan tertutup,” tukasnya.(ian/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.