Siswa Diajak Cintai Kebersihan

SDN Cikokol 1 Bawa Murid ke Bendungan Pasar Baru

KARAWACI,SNOL—Dalam rangka mendidik siswa-siswinya untuk mencintai kebersihan sejak dini, SDN 1 Cikokol, Kota Tangerang mengajak puluhan siswanya mengun­jungi Bendung Pasar Baru-Cisadane, Rabu (15/11). Di bendungan yang lebih dike­nal dengan nama Bendungan Pintu Air 10 tersebut, para siswa diajari pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak mem­buang sampah sembarangan khususnya tidak membuang sampah di sungai.

Kepala Sekolah SDN Cikokol I Nunung Nurjanah menjelaskan dengan diajak langsung ke Bendungan Pintu Air 10 ini diharapkan siswa dapat mendapatkan wawasan betapa pentingnya menjaga kebersihan. Karena di bendungan aliran air Sungai Cisadane ini menjadi jantung Pintu Air 10 ini para pelajar bisa menge­tahui betapa masyarakat Kota Tangerang akan mengalami kesulitan jika air di Sungai Cisadane di penuhi dengan sampah.

“Mendidik anak untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan tidak cukup hanya dengan memasang slogan ‘Jangan Buang Sampah Sembarang’. Untuk itu dengan diajak langsung ke Bendungan Pintu Air 10 itu diharapkan siswa akan semakin paham pentingnya menjaga kebersihan,” jelas Nunung.

Selain itu Nunung menjelaskan dengan mengajak ke Bendungan Pintu Air 10 diharapkan para anak didiknya juga bisa mempelajari bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang. “Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan kepada anak didik tentang bagungan berseja­rah di Kota Tangerang,” jelas Nunung.

Sementara itu Penjaga Bendungan Pintu Air 10 Dedi Lamurdin menjelaskan bahwa bendungan yang dibangun sejak tahun 1927 dimasa penjajahan Belanda ini, meru­pakan jantung bagi warga Kota Tangerang, Kabupaten dan Kota Tangerang Selatan. Pasalnya keberadaan bendungan ini sangat vital dalam keberlangsungan penyediaan air bagi para petani, sumber bahan baku air bersih yang dikelelola perusahaan air minum milik pemerintah dan swasta serta untuk kebutuhan ratusan pabrik.

“Jika sungai Cisadane ini dipenuhi oleh sampah maka bisa dijamin kede­pan masayarakat di Tangerang Raya ini akan mengalami kesulitan air baik un­tuk dikonsumsi atau untuk kebutuhan pertanian dan industri,” jelas Dedi.

Untuk itu menurut Dedi pihaknya san­gat mengapresiasi kunjungan dari SDN 1 Cikokol ini dengan mengajak anak di­diknya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan.

“Kami memang kerap didatangi berbagai lembaga termasuk lembaga pendi­dikan yang ingin mengetahui sejarah ter­masuk fungsi Bendungan Pintu Air 10 ini,” jelas pegawai yang telah 28 tahun meng­abdikan dirinya untuk menjaga Bendungan Pintu Air 10 ini. (hendra/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.