Kampung Bekelir Ubah Kesan Kumuh

TANGERANG, SNOL—Rakyat bersatu sejahtera bersama. Kalimat itu terlontar bukan dari massa aksi. Kalimat tersebut mewakili gerakan bergotong royong warga RW 01, Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang mengubah kesan kumuh lingkungannya menjadi destinasi wisata yang menguntungkan.

Sebelum pertengahan tahun 2017, RW 01, Kelurahan Babakan menyandang status wilayah kumuh sedang di Kota Tangerang. Penyebutan wilayah berpenduduk padat ini salah satunya didasari jumlah kondisi rumah tak layak huni yang banyak. Lurah Babakan, Abu Sofyanmengatakan, sejumlah program telah digalakkan untuk mengubah kesan kumuh di wilayah ini.

Upaya sejumlah pihak dalam menangani wilayah ini menemui titik terang. Kesadaran warga mulai tergerakkan setelah pihak swasta digandeng. Perusahaan cat nasional, PT Pacific Paint menyalurkan ribuan liter cat untuk menghias wilayah yang dihuni 300 keluarga tersebut.

Hasilnya, kesan kumuh pudar, berganti Kampung Bekelir atau Berwarna. Gandengan tangan unsur Pemerintah Kota Tangerang, PT Pacific Paint dan warga ini berbuah manis. Tak tanggung-tanggung, kampung ini digandang-gadang berpotensi menjadi destinasi wiasata mancanegara.

Penyebutan destinasi wisata mancanegara ini bukan tanpa alasan. Kota Tangerang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang dikunjungi banyak turis melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal tersebut menurut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Raden Rina Hernaningsih bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota bermoto akhlakul karimah tersebut.

“Kunjungan dari turis mancanegara 30 orang. Kunjungan dari domestik (wisatawan) 200 orang selama September sampai dengan tanggal 8 Novenber,” jelasnya.

Kemunculan destinasi wisata baru di Kota Tangerang ini merupakan buah manis dari perjuangan ratusan seniman mural lokal dan mancanegara. Terdapat 1.121 mural dengan berbagai pola terpampang di kampung ini. Lurah Babakan, Abus Sofyan menambahkan, proyek non APBD ini dikerjakan selama lebih kurang empat bulan.

“Ini dikerjakan gotong royong oleh warga dan ratusan seniman mural. Mereka semua antusias,” jelas Abu di sela jumpa pers bersama jajaran PT Pacific Paint, Novotel, Tangerang, Kamis (16/11).Direktur Utama PT Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso upaya pihaknya ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Sejumlah program ekonomi kerakyatan, sambungnya, telah digagas untuk membangkitkan UKM warga sekitar. Dia menyebut, sejumlah potensi UKM yang ada di Kampung Bekelir diharapkan meningkat seiring banyaknya kunjungan di wilayah tersebut.

“Ini titik tolak baru. Mudahmudahan ini akan bergulir menjadi sesuatu yang baru. Indonesia bisa melihat ada sesuatu yang baik, masyarakat bisa diberdayakan, dan Pemkot juga peduli. Kampung Bekelir ini bisa menjadi percontohan daerah lain bisa belajar,” jelasnya. (irfan/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.