Pemkab Lebak Gagas Rumah Singgah WBP

Kepala Rutan Rangkasbitung Langsung Respon dan Siapkan Pembinaan

RANGKASBITUNG,SNOL–Keberadaan rumah singgah bagi Warga Binaan Pemasyarakat Rumah Tahanan Negara (WBP Rutan) kelas IIB Rang­kasbitung, dianggap sangat penting. Untuk menunjang program yang ada di Rutan Rangkasbitung, agar terarah dan terukur. Dari mulai pembinaan, sampai WBP bebas tahanan.

WBP yang nantinya bebas, benar-benar menjadi lebih baik dan men­jadi warga Lebak yang berdaya guna. Oleh karena itu, Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) setempat akan segera membahas dan mengkaji lebih mendalam dengan para pihak terkait.

Demikian disampaikan Bupati Lebak, Iti Octavia, saat menerima kunjungan Kepala Rutan Kelas IIB Rangkasbitung, Aliandra Harahap beserta jajarannya, di Aula Setda Lebak, Rabu (22/11).

Menurut Bupati Iti, selama ini WBP yang sudah terbebas maupun yang masih berstatus WBP, sulit un­tuk berkreasia. Lantaran, minimnya tempat atau sarana prasarana. Untuk Itu, tidak ada salahnya dicanangkan rumah singgah untuk menunjang WBP, agar bisa terarah dan terukur.

“Dari mulai pembinaan sam­pai WBP itu bebas, agar mereka benar-benar menjadi lebih baik dan menjadi warga Lebak yang berdaya guna. Misalnya, kita buat­kan program rumah singgah. Di­mana, para WBP dan lulusanya punya tempat atau wadah, untuk berkreasi dan menghasilkan karya yang positif. Sehingga nantinya, rumah singgah itu menghasilkanhal yang produktif dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Jadi mereka kan nggak bingung lagi setelah bebas,” papar Iti, Rabu (22/11).

Ia juga mengapresiasi langkah cepat Kepala Rutan, yang langsung bersinergi dengan Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Lebak. Tidak hanya itu, Bupati Iti juga mengapresiasi WBP Rutan kelas IIB Rangkasbitung, atas pelaksanaan bhakti kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Lebak.

“Saya sudah mendapat laporan dari Kepala Dinas Lingkungan Hid­up, WBP Rutan melaksanakan keg­iatan bhakti kebersihan lingkungan di sejumlah tempat. Mungkin ke depan, kegiatan tersebut bisa dia­gendakan rutin. Bahkan, mungkin bisa menjadi bagian tim pember­sih tetap yang diangkat oleh Pemkab Lebak, saya setuju sekali ini,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan Bu­pati Lebak, Kepala Rutan Rang­kasbitung, Aliandra Harahap mengaku, apapun program yang dicanangkanya, semata-mata demi kebaikan WBP. “Selama ini, sarana dalam mencapai tujuan pemasyarakatan seperti rumah singgah itu, bisa dijadikan me­dia para WBP untuk berkarya dan menjadi masyarakat yang produk­tif, mengembangkan kreasinya. Jika ada rumah singgah, jelas ter­arah dan program-program yang ada akan memberikan banyak manfaat. Insya Allah, dapat men­gurangi angka pengangguran dan masalah ekonomi juga,” ungkap Aliandra. (mulyana/mardiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.