Pemkot Beri Bantuan Dana Polri

Untuk Rekrutmen Bintara

CILEGON, SNOL – Pemkot Cilegon berencana memberikan sun­tikan dana sebesar Rp200 juta untuk Polri dalam rekrutmen Bintara Polisi. Bantuan dana tersebut bersumber dari APBD 2018. Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi mengaku, jika angga­ran yang digelontorkan melalu APBD 2018 untuk pelaksaaan rekrutmen anggota polisi sudah melalui MoU (Memorandum of Understanding), yang diteken beberapa bulan lalu.

“Oh gak masalah kalau kita (Pemkot, red) menggelontorkan APBD 2018 untuk pelaksanaan rekrutmen tersebut. Lagian juga anggaran yang kita keluarkan ini bukan untuk apa-apa tapi untuk program pembinaan dan pelati­han calon anggota Polri yang berada dari Kota Cilegon,” tutur Edi, kemarin. Ia menambah­kan, bukan hanya Kota Cilegon saja yang memberikan suntikan dana untuk rekrutmen polisi, melainkan hampir semua ka­bupaten/kota di Indonesia juga memberikan suntikan dananya untuk pelaksanaan rekrutmen tersebut.

“Bukan hanya di Cilegon aja, tapi semua Kabupaten dan Kota juga telah menganggarkan mela­lui APBD-nya. Dengan adanya anggaran yang disiapkan mela­lui masing-masing ini, calon anggota Polri dari Kota Cilegon mampu menghadapi tes yang akan dilakukan,” ujarnya.

Edi menjelaskan, kerjasama yang dijalin oleh Pemkot Cile­gon dengan Polri merupakan langkah awal, guna mewujud­kan sinergitas antara seluruh stakeholder dalam seleksi pen­erimaan anggota korp Bhayang­kara.

“Ini merupakan langkah awal yang positif guna mewujudkan rekruitmen yang proaktif. Selain itu, MoU ini juga penting dalam mewujudkan pemahaman yang sama dan keselarasan bertin­dak serta terwujudnya sinergi­tas antara seluruh stakeholder, dalam mencapai target program pembinaan dan pelatihan bagi putra-putri Kota Cilegon yang memiliki potensi untuk men­jadi peserta seleksi penerimaan anggota Polri di Polda Banten,” jelasnya.

Sementara Ketua Harian Ba­dan Anggaran (Banggar) DPRD) Kota Cilegon, Isro Mi’roj tidak membantah, jika Pemkot telah mengggarkan melalui APBD 2018 untuk membantu pelaksa­naan rekrutmen anggota polisi. “Jadi BKPP sudah menganggar­kan alokasi APBD 2018 untuk perekrutan anggota Polri. Ang­garannya langsung dari BKPP yang menyediakan,” terang Isro. Meski untuk rekruitmen calon anggota Polri sudah di­anggarkan, namun untuk re­kruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum dianggarkan oleh Pemkot Cilegon. Pasalnya, belum ada kejelasan terkait re­kruitmen CPNS.(eua/eky/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.