Anies Temui Gubernur BI demi Rumah Tanpa DP dan OK Otrip

JAKARTA,SNOL – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Gubernur Bank Indo­nesia (BI) Agus Martowardojo di kantor BI, Jakarta Pusat, Ju­mat (5/1). Dalam pertemuan ini, Anies membahas sejumlah program Pemprov DKI seperti Ok Otrip dan pemilikan rumah tanpa uang muka untuk disiner­gikan dengan BI.

“Dalam pertemuan dengan gubernur BI tadi, pertama kami berbicara mengenai pengenda­lian inflasi dan ekonomi,” kata Anies usai pertemuan.

Selain itu, Anies juga mengaku membahas program Ok Otrip dengan Agus. Anies meminta program Ok Otrip bisa terinte­grasi dengan sistem perbankan di Indonesia. “Pada 15 (Janu­ari) pilotnya (percontohannya, red) akan dimulai. Gubernur BI menginstruksikan jajarannya agar pilot berjalan dengan baik,” kata dia.

Selain membahas Ok Otrip, Anies juga meminta kepada Agus agar sistem perpajakan dan retribusi daerah Jakarta di­integrasikan dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dengan platform itu, maka para wajib pajak bisa membayar pa­jak lebih transparan dan tepat waktu.

“Misalkan (wajib pajak) datang ke restoran atau hotel, ketika customer lakukan pem­bayaran langsung tersambung sistem retribusi pajak daerah melalui GPN,” kata dia.

Yang terakhir, kata Anies, dirinya juga mendiskusikan soal program DP Rumah 0 Persen. BI, kata Anies, sudah memberi­kan skema pembiayaan yang lebih jauh.

Menurut Anies, BI menginginkan Pemprov DKI mem­buat satu tim dengan melibat­kan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Keuangan un­tuk menyusun rancangan pro­gram secara mendetail. “Hara­pannya program DP Nol Persen bisa lebih efisien,” kata Anies.(tan/jpg)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.