Penyusunan Formasi CPNS Tahun 2018 Dikebut

Penambahan Kebutuhan Pegawai Dianggap Mendesak

RANGKASBITUNG,SNOL–Pemer­intah Kabupaten (Pemkab) Lebak mengklaim, sedang mengebut input data formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Mengingat, Pemkab Lebak menargetkan 1000 pelamar. Karena, pasca diberlakukan­nya moratorium serta banyaknya PNS dilingkungan Pemkab Lebak yang pensiun, berdampak pada kekoson­gan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Data Informasi Badan Kepega­waian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Lebak, Fuad Lutfi mengatakan, BKPP dan Organisasi Tata Laksana (Ortala) Setda Lebak sedang menge­but input formasi untuk pelamar CPNS tahun 2018, dengan melakukan analisa jabatan dan existing.

Hal tersebut katanya, agar formasi yang akan diserahkan ke Kemenpan-RB sesuai kebutuhan. “Saat ini, di sek­tor tenaga pendidik dan tekhnik sangat dibutuhkan. Tapi, untuk umum-pun banyak,” kata Fuad, Selasa (9/1).

Menurutnya, akhir Januari ini data tersebut ditunggu oleh Kemenpan-RB. Ditambahkannya, prosesnya saat ini su­dah mencapai 70 persen, dengan men­gacu kepada mendesak-nya keperluan pegawai yang tidak sebanding dengan angka pensiun, juga jumlah pegawai.

Bahkan, banyaknya PNS yang dibutuhkan oleh Pemkab Lebak yang tak lain, akibat dilakukannya mora­torium. Sehingga, banyak posisi yang kosong. “Angka pensiun banyak, penambahan tidak ada. Jadi kita san­gat mendesak,” tandasnya lagi.

Kepala BKPP Lebak, Edi Wahyudi menambahkan, formasi yang memang masih sangat dibutuhkan Pemkab Leb­ak yakni, bidang sipil ataupun tekhnik untuk konstruksi. Pendidikan dan kes­ehatan, juga butuh. Namun, untuk po­sisi kesehatan masih terbantu dengan pengangkatan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) pada tahun 2017 lalu.

Dengan demikian, Pemkab Lebak mencoba menganggarkan Rp. 1,5 Miliar untuk penerimaan CPNS ta­hun 2018. “Tes-nya CAT, yang me­nentukan semua Badan Kepega­waian Nasional (BKN) dan Pansel. Kita hanya menyediakan fasilitas dan mengajukan jumlah formasi saja,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.