Seorang ABK Ditemukan Tewas di Laut Bayah

Diduga Terjatuh dari Kapal dan Tenggelam

BAYAH,SNOL–Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Alfine Marine, pengangkut limestone (batu bahan baku semen) untuk PT Cemindo Gemilang, ditemukan tewas di laut di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Senin (15/1) dini hari. Didu­ga, ABK bernama Bayan Duma (45) asal Sulawesi tersebut, terjatuh dari kapal dan tenggelam.

Setelah mayatnya dievakuasi ke pesisir pantai, pagi harinya ABK tersebut dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, untuk menjelani visum.

Informasi yang berhasil dihimpun, Minggu (14/1) lalu, Kapal Alfine Marine berangkat dari pelabuhan di Jawa Timur menuju PT Cemindo Gemilang (Pabrik Semen Merah Putih) di Bayah, Lebak. Sudah tiba disekitar parairan Bayah, beberapa menit sebelum berlabuh, tiba-tiba salah seorang ABK yang diketahui bernama Bayan Duma terjatuh dari atas kapal dan tenggelam di laut.

Karena diduga tidak bisa bere­nang, korban yang sempat berusaha menyelamatkan diri di atas per­mukaan laut, akhirnya tenggelam. “Setelah tubuh korban tenggelam, baru warga bayah diberi informasi oleh ABK lainnya yang sudah berada di darat. Lalu, untuk mempermudah pencarian, warga-pun melapor ke Polsek Bayah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta tim Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista),” ujar Erwin Komara Suk­ma, Ketua Balawista Lebak, melalui telepon selulernya, Senin (15/1).

Mengingat sarana prasarana untuk melakukan pencarian korban sangat terbatas, pria yang akrab disapa Aa ini mengaku, saat itu diputuskan Kapal Alfine Marine yang sudah ber­labuh di Pabrik Semen Merah Putih kembali dioperasikan nahkodanya untuk mengangkut warga yang akan mencari korban ke tengah laut.

“Setelah dilakukan pencarian ber­jam-jam, akhirnya pada Senin (15/1) dini hari, tubuh korban ditemukan mengambang. Akhirnya, oleh warga dan dibantu ABK, serta aparat Polsek Bayah, korban segera diangkat ke ka­pal,” tambahnya.

Sementara, Kapolsek Bayah, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sadimun, membenarkan peristiwa tersebut. Katanya, ABK itu diduga terjatuh dari atas kapal pengangkut bahan baku semen. Namun, setelah dilakukan pencarian, tubuh korban ditemukan sudah tak bernyawa, dan korban-pun dilarikan ke Puskesmas Bayah. Kor­ban langsung diserahkan ke pihak ke­luarganya, melalui ABK lainnya.

“Untuk mengetahui penyebab se­benarnya, kami tetap menerjunkan anggota Polsek Bayah untuk melaku­kan pemeriksaan, serta olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meng­umpulkan keterangan dari para sak­si,” ujar AKP Sadimun. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.