PPL Diminta Tak Gampang Tergiur Materi

Delapan PPL se Kecamatan Tangerang Dilantik

TANGERANG, SNOL—Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tangerang melantik dan menggelar bimbingan teknis Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di Hotel Golden Tulip, Tangerang. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian kegiatan pada pe­milihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018. Ada delapan orang anggota PPL yang dilantik.

“Semoga dengan dilantiknya PPL ini bisa bersinergi dengan melakukan pencegahan dan pengawasan yang berkaitan dengan adanya kecurangan serta pelanggaran yang tidak sesuai dengan regulasi,” ungkap Ketua Pan­wascam Tangerang, M. Fathi Hilimi kepada awak media, kemarin. Ia juga meminta agar anggota PPL menjaga integritas dalam rangka pencegahan pelanggaran dalam pilkada. Selain itu, ia juga meminta agar anak buahnya tidak gampang tergiur khusus­nya berkaitan dengan materi dengan menggadaikan integritasnya.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menyatakan, bahwa Panitia Pengawas Lapangan (PPL) adalah produk dari Panwascam. Oleh sebab itu, dirinya mengimbau agar bertindak sebagai pengawasan dan melakukan tugas sebaik-baiknya.

“Koordinasi dengan RT/RW untuk di tingkat bawah, untuk ditingkat atas konsultasikan dengan Panwas­cam karena kita organisasi terstruk­tur. Yang terpenting jaga marwah lembaga berdasarkan tugas pokok dan fungsi, jangan bersikap tidak netral, selamat bekerja dan selamat menjalankan tugas,” kata Agus.

Disinggung apakah sejauh ini pi­haknya sudah menemukan pelang­garan dalam pilkada, pihaknya mengatakan, pelaksanaan pilkada masih sesuai regulasi. “Kita belum temukan pelanggaran dalam pelak­sanaan pilkada selama ini,” ucapnya.

Sementara Camat Tangerang, Agus Hendra menyatakan bahwa keberadaan PPL sangat dibutuhkan dalam kontes demokrasi. Dirinya juga berharap bagi penyelenggara pemilu bisa melaksanakan tugasnya sebaik mungkin, apalagi diakuinya bahwa Kecamatan Tangerang sebagai etalase kota.

“Apabila ada permasalahan di tingkat kelurahan pasti jadi viral, makanya kami berharap PPL yang dilantik hari ini bisa menjalani ke­wajibannya misalnya tahapan harus dikawal, tidak boleh diskriminatif. Tapi saya berharap semoga proses Pilkada di tingkat kecamatan bisa berjalan lancar dan berkualitas, jaga kondusifitas wilayah, semua perma­salahan ada saluran penyelesaian­nya selesaikan secara cepat lebih baik,” tutup Agus. (made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.