Digoyang Gempa, Satu Rumah Ambruk

PINANG, SNOL— Guncangan gem­pa bumi berkekuatan 6,1 SR yang bersumber di Lebak, Selasa (23/1) merubuhkan satu unit rumah tinggal milik warga Kota Tangerang. Rumah di RT 01/03 no 42, Kelurahan Kunci­ran Jaya, Kecamatan Pinang yang di­huni dua kepala keluarga itu ambruk setelah digoyang gempa.

Camat Pinang M Agun kemarin rumah berukuran 7 x 12 tersebut memang sudah reyot sebelum gem­pa bumi terjadi. Atap rumah terlihat akan roboh tiga jam sebelum gempa terjadi atau sekira pukul 11 siang. Sebelum gempa terjadi, penghuni di dalam rumah sudah dievakuasi ke kediaman saudaranya yang me­mang terletak tak jauh dari rumah tersebut.

Agun menjelaskan, rumah yang dibangun dengan ala kadarnya atau tanpa pondasi ini memang sudah terdaftar dalam program bedah rumah pemerintah kota Tangerang. Namun proses pembangunan pada program tersebut belum dikerjakan.

“Karena terlihat di luar (fisik rumah) kelihatannya bagus jadi ma­suk pengerjaan nya masuk ke tahap kedua,” ucap Agun.

Atas kejadian tersebut Kecamatan pun langsung membangun kem­bali rumah itu secara bersama-sama warga setempat. “Prinsipnya kami membangun kembali rumah itu. Dan saya sudah meminta kepada lurah untuk membentuknya, sudah kita pecahkan juga kebutuhannya,” tandas Agun.

Gempa juga membuat kaca di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pecah. Kaca yang pecah berada di Terminal 3.

“Iya ada, di dekat parkiran domes­tik Terminal 3,” kata Branch Commu­nication Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, saat dimintai konfir­masi, Selasa (23/1).

Kaca yang pecah tersebut adalah bagian dari pintu otomatis. Hanya satu sisi pintu kaca yang pecah akibat guncangan gempa.

“Jadi itu kan ada 2, seperti pintu kaca yang terbuka sendiri yang oto­matis. Itu sebelah yang pecah karena gempa tadi,” ujarnya.

Tidak ada yang terluka akibat pe­cahan kaca itu. Pihak bandara sudah mengganti kaca di pintu otomatis tersebut. “Tidak ada yang kena pe­cahan kaca. Sekarang juga sudah di­ganti dan sudah aman,” pungkasnya. (made/gatot)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.