Relawan Demokrasi Wajib Netral

TANGERANG, SNOL—Setelah me­lalui proses seleksi pendaftaran dan wawancara akhirnya KPU Kabupat­en Tangerang menetapkan 15 orang Relawan Demokrasi Kabupaten Tangerang. Melalui bimtek yang di­berikan kepada Relawan Demokrasi, KPU Kabupaten Tangerang ingin memastikan bahwa relawan yang terpilih ini dapat terjun ke lapangan tidak dengan tangan kosong.

Kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan di Waroeng Sunda Ta­laga Bestari, dibuka oleh komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zae­nal Abidin, Jum’at (26/01). “Selamat kepada yang terpilih sebagai rela­wan demokrasi dari sekian pendaf­tar yang turut dalam program rela­wan demokrasi ini, sebagai bagian dari penyelenggara pemilu re­lawan demokrasi harus netral dan tidak memihak kepada pasangan calon,”ucap Ali.

Ditambahkannya, relawan de­mokrasi merupakan kepanjang tan­gan dari KPU dalam rangka menyo­sialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang. “Maka mu­lai hari ini hindari kontak langsung dengan pasangan calon dalam hal apapun juga untuk menjaga netrali­tas sebagai bagian dari KPU,” terang­nya sebagaimana dikutip dari situs KPU Kabupaten Tangerang.

Relawan demokrasi harus men­jangkau seluruh segmen yang ada di masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang belum tahu akan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018”. Tambah beliau.

Iqbal Syam Anggota KPU Kabu­paten Tangerang Divisi Pemilih, menjelaskan tentang pemasala­han pemilih dalam kegiatan ini. “Dalam pelaksanaan pekerjaan­nya relawan harus memiliki tujuan dan keikhlasan dalam menjalankan tugasnya”,ungkapnya.

Ditambahkannya, stigma dari ma­syarakat ataupun stakeholder peser­ta pemilu atau pemilihan terkait daf­tar pemilih dimana daftar pemilih masih dianggap bermasalah. Ma­salah tersebut antara lain data gan­da/ pemilih terdaftar lebih dari satu kali, pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, elemen data yang tidak valid/kurang lengkap, pemilih yang tidak memenuhi syarat masih ter­dafta. “Pilkada serentak tahun 2018 diikuti 171 daerah dengan rincian 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten” tambahnya.

Anggota KPU Kabupaten Tangerang yang membawahi di­visi sosialisasi Akhmad Subagja menyampaikan bahwa tujuan dari relawan demokrasi meningatkan kualitas demokrasi, meningatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, membangkitkan ke­sukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu.

Tidak lupa pula relawan demokrasi dibekali perlengkapan untuk terjun kelapangan, seperti id card, seragam, topi tudung, untuk menjelaskan bah­wa relawan demokrasi Kabupaten Tangerang siap bekerja. (made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.