Satpol PP Dorong Pembangunan Rumah Singgah

TANGERANG, SNOL—Satuan Polisi Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang berharap Dinas Sosial dapat menyediakan rumah singgah bagi para anak jalanan (Anjal-red). Rumah sing­gah tersebut dapat berfungsi untuk memberikan rehabilitasi bagi Anjal.

Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Gufron Falfeli menerang­kan, meskipun pihaknya rutin melakukan razia terhadap anak jala­nan, hal tersebut tidak akan banyak berdampak. Setelah dirazia dan di­data, Satpol PP langsung menyerah­kannya ke Dinas Sosial.

“Dan kalau sekarang kayaknya ma­sih dikirim ke rumah rehabilitasi sos­ial di Bekasi,” ujar Gufron saat dikon­firmasi Satelit News pada Rabu, (7/2).

Satpol PP, kata Gufron, mem­butuhkan dukungan instansi lain dalam menjalankan tugas mencip­takan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat Kota Tangerang. Teru­tama dalam melakukan penertiban terhadap anak jalanan.

“Seperti hari ini (red) kami men­jaring anjal di lampu merah dan be­berapa titik lainnya. Di kami seusai didata selesai, nah setelah itu dari Dinsos dibawa kemana? Kalau han­ya dilepaskan kembali ya tidak akan ada habisnya,” tegas Gufron.

Bahkan dirinya mengaku sering kali menjumpai orang (Anjal) yang sama dalam melakukan operasi beri­kutnya. Kendati demikian dirinya menyadari hal tersebut merupakan kewajiban dan tanggung jawabnya yang harus dilakukan.

“Ya mau gimana lagi. Kita sih yang penting terus menerus melakukan tugas agar masyarakat bisa merasa tenang,” ujarnya.

Dinas Sosial Kota Tangerang baru saja memiliki rumah perlindungan sosial. RPS di jalanIskandar Muda Pintu Air 10 Nomor 1 Neglasari, Kota Tangerang tersebut berfungsi seb­agai tempat perlindungan bagi para manula maupun orang terlantar yang tidak memiliki keluarga atau orang yang memang kurang diurus oleh keluarganya.

RPS tersebut memiliki kapasitas 40 tempat tidur. Keseluruhan penghuni RPS akan diberikan berbagai pela­tihan keterampilan untuk mengisi waktu luang dan agar mereka tetap produktif di hari tua. (iqbal/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.