Peternak Ikan Lele di Ambang Kebangkrutan

Kesulitan Membeli Bibit Lele Akibat Mahal

MEKAR BARU, SNOL- Sejumlah peternak lele di Kecamatan Mekar Baru diam­bang kebangkrutan. Akibat harga bibit ikan lele yang terus merangkak naik dan tidak sebanding dengan modal yang mereka miliki, para peternak kini tak bisa lagi meneruskan usahanya.

Salah seorang peternak ikan lele Keca­matan Mekar Baru Hakin (30) mengaku dirinya bersama beberapa rekannya mengeluhkan tingginya harga bibit ikan lele. Selain mahalnya harga bibit lele, para peternak pun dipersulit dengan kelangkaan bibit lele di pasaran.

“Modal yang dimiliki peternak yang terbatas untuk membeli benih ikan. Hal ini membuat para peternak beru­saha dengan modal seadanya. Padahal saat ini permintaan pasar sangat be­sar,” keluh Hakin, kepada Satelit News saat ditemui di lokasi tambak miliknya,   Sabtu (11/2) lalu.

Menurut Hakin, berdasarkan data dari Asosiasi Lele Tangerang (ALETA), kebutuhan ikan lele di wilayah Keca­matan Kresek saja mencapai tiga kuin­tal setiap harinya. Sedangkan yang bisa dipenuhi para peternak lokal hanya satu kwintal per hari. “Sisa kekuran­gan pasokan ikan lele di Kresek saja di­datangkan dari luar daerah,”   tuturnya.

“Dari data tersebut terlihat bahwa usaha ternak lele sangat berpotensi untuk dikembangkan. Dan kita belum dapat memenuhi kebutuhan masyara­kat akan ikan lele,” tambahnya.

Hakin menjelaskan, Untuk penamba­han benih, tentunya dibutuhkan tam­bahan modal. untuk itu,   dirinya dan sejumlah peternak di Kecamatan Me­kar Baru sudah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang untuk memberikan stimulus berupa bantuan modal bagi para peternak lele di Keca­matan Sukadiri.

Menurut Hakin mereka pun sudah mengajukan bantuan modal ke Pemkab Tangerang namun waktu itu disarankan mengajukan bantuan modal ke Dinas Koperasi dan UKM.   Dengan syarat pe­ternak harus memiliki izin usaha,

“Masalahnya karena kami peternak kecil maka kami tidak mengantongi izin usaha,” jelasnya.

Peternak lele di Kecamatan Mekar Baru lainnya Dadang menambahkan, jika syarat untuk mendapatkan bantuan peternak lele harus memiliki izin usaha tentunya hal tersebut sulit dipenuhi. Pasalnya mayoritas peternak lele di Sukadiri adalah peternak skala kecil.   “Padahal kita tahu, salah satu langkah mengatasi pengangguran, ya berwi­rausaha. Untuk itu kami memohon ada kebijakan dari Pemkab Tangerang,” ha­rapnya. (imron/hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.