Masyarakat Cibadak Belum Terima Rastra

RANGKASBITUNG,SNOL–Ratusan ma­syarakat di Desa Malabara, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, mengaku be­lum menerima Beras Keluarga Sejahtarea (Rastra) sejak Januari hingga bulan ini (dua bulan), yang biasanya disalurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. Karena mereka membutuhkannya, maka warga setempatpun kini mendesak agar Sub Divre Bulog Lebak – Pandeglang segera mendistribusikannya.

Demikian dikatakan Kepala Desa Malabara, Kecamatan Cibadak, Jubed Pasmi, Kamis (22/2). Menurutnya, Ras­tra jatah untuk warga di Desanya sejak Januari hingga Februari, belum juga diditribusikan. Padahal, saat ini warg­anya butuh. Selain tidak memiliki bi­aya untuk membeli beras, juga akibat warganya yang sekaligus petani sawah saat ini mengalami gagal panen, akibat diserang wereng coklat.

“Banyak warga yang menanyakan perihal Rastra ke saya. Lalu, karena saya selaku Kepala Desa Malabar belum mengetahui dengan jelas terkait Rastra yang belum disalurkan ke Malabar, saya minta agar masyarakat bersabar ter­lebih dahulu,” kata Jubed, Kamis (22/2).

Ditambahkannya, tidak hanya di Desa Malabar yang belum mendapat­kan Rasta. Melainkan, Desa lain yang berada di Kecamatan Cibadak juga belum mendapatkan Rasta. Padahal, untuk Desa lainnya di luar Kecamatan Cibadak, sudah disalurkan.

“Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda akan ada yang disalurkan,” tan­dasnya.

Selama tahun 2017 tambahnya, ke­beradan Rastra yang dibutuhkan ma­syarakat Kecamatan Cibadak selalu lancar, oleh pihak Sub Divre Bulog Lebak – Pan­deglang. Untuk itu, ketika distribusinya lambat, maka wajar bila masyarakat Keca­matan Cibadak mempertanyakannya.

“Kami harap, karena persoalan ini disuarakan langsung oleh masyarakat yang membutuhkannya, maka saya atas nama warga Cibadak mengharapkan pihak Bulog segera mendistribusikan­nya,” ujarnya.

Warga Desa Pasarkeong Kecamatan Cibadak, Suhanah menambahkan, Ras­tra sangat dbutuhkan. Karena, suaminya yang seharihari sebagai buruh tani, kini gagal panen.

Bila saja memiliki uang yang cukup terangnya, iapun mengaku tidak akan mempertanyakan Rastra yang belum didis­trubusikan ke Cibadak. “Saya sudah nggak punya uang. Makanya, saya sangat mem­butuhkan Rastra ini. Yang saya heran, sejak Januari hingga hampir akhir bulan ini, Ras­tra tersebut belum juga disistribusikan ke kampung kami Pak,” ungkap Suhanah.

Terpisah, Kepala Sub Divre Bulog LebakPandeglang, Sarjaka belum dapat dihubungi. Begitu pula ketika dikonfirmasi melalui short message sarvice (SMS), tidak membalasnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.