Tiga Menteri Hadiri Peluncuran Pendidikan

CILEGON, SNOL – Menteri Koor­dinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani meyakini pro­gram pendidikan vokasi industri dalam rangka membangun link and match industri dan SMK akan memangkas angka pen­gangguran di Banten.

“Jadi bagaimana kita bisa menurunkan angka pengang­guran itu secara bertahap tentu saja kita harus tingkatkan dulu sumber daya manusianya. Ba­gaimana lulusan SMK itu akan kita training di Kementerian Perindustrian, Kementerian Tenaga Kerja untuk kemudian disertifikasi bahwa mereka su­dah layak untuk bekerja di in­dustri,” ujarnya usai menghadiri peluncuran program tersebut di Royale Krakatau Cilegon, Senin (5/3).

Dikatakan, program yang juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sejauh ini sudah ber­jalan efektif di beberapa wilayah seperti di Jawa Barat, Jawa Ten­gah, Jawa Timur, DKI Jakarta dan akan berkesinambungan ke beberapa provinsi di Pulau Sumatera. Diharapkan program ini juga mampu menekan angka pengangguran di Banten yang saat ini berada pada kisaran 500 ribu kepala.

“Program ini memerlukan sinergi dan gotong royong dari semua pihak karena ini juga mendapat dorongan dari Ke­menterian Perindustrian agar mereka (lulusan SMK) dapat diterima di industri, bekerja dan menerima upahnya sesuai den­gan UMK sesuai masing-masing wilayah,” terangnya.

Di tempat yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartar­to mengatakan program terse­but diharapkan akan menjawab sulitnya lulusan SMK terserap di dunia kerja industri lantaran perbedaan program dan kom­petensi.

“Dengan link and match ke depan diharapkan bisa lebih sesuai, dan ini akan menjadi perbaikan. Dan tingkat partisi­pasi industri nasional positif,” katanya.

Terpisah Kepala SMK Negeri 1 Kota Cilegon, Widodo mengung­kapkan secara umum serapan industri di Banten terhadap SDM produk SMK tergolong rendah. Kendati serapan industri khusus­nya di Kota Cilegon sendiri untuk alumnusnya tergolong tinggi, yakni sekira 70 persen dari 420 siswa setiap tahun.(bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.