Jalan Nasional di Pusat Kota Rangkasbitung Rusak Berat

Tepatnya di Jalan Raya Soekarno-Hatta

CIBADAK,SNOL–Miris, dipusat kota Rangkasbitung, tepatnya di Jalan Raya Soekarno – Hatta atau yang lebih dike­nal Jalan Baypass, yang merupakan jalan nasional atau tanggungjawab Pemerintah Pusat, yaitu di perempatan lampu merah Sumurbuang, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak. Kondisinya memprihatinkan, mirip kubangan ker­bau. Selain digenangi air, juga jalan ber­gelombang mengganggu kenyamanan pengendara. Sehingga, membahayakan keselamatan warga juga, khususnya pengendara roda dua.

Informasi yang dihimpun, Selasa (3/4) pagi, badan jalan disekitar lampu merah Sumurbuang tersebut kondisi lubangnya semakin dalam dan lebar. Bahkan, sejak Senin (2/4) malam wilayah tersebut diguyur hujan deras, badan jalan yang berlubang itu-pun di­genangi air. Sehingga, para pengendara roda dua kerap terperosok, sehingga mengalami luka.

Seorang warga Komplek Sumur­buang, Kiki Purnama mengatakan, kondisi badan Jalan By Pass tersebut se­makin tidak nyaman dilintasi. Apalagi setelah diguyur hujan, lubang yang ada pada badan jalan tersebut tidak telihat akibat digenangi air. Kondisi itu mem­buat pengendara yang belum hapal situasi dan kondisi (Sikon), kerap mengalami kecelakaan tunggal.

“Karena sering membahayakan pengendara, kami harap kepada pemer­intah untuk segera memperbaikinya. Karena, jika kondisi ini terus dibiarkan, khawatir akan menimbulkan korban lebih banyak lagi,” kata Kiki, kepada Satelit News, Selasa (3/4).

Pengendara sepeda motor lainnya, Beni, warga Rangkasbitung menam­bahkan, Jalan Baypass adalah salah satu jalan di Rangkasbitung yang paling ramai dilalui berbagai jenis kendaraan. Namun, karena saat ini kondisinya se­makin membahayakan, banyak pengendara mencari jalan alternatif lain yang dianggap nyaman dilintasi.

“Saya kurang tahu, kenapa Jalan By pass ini tidak juga diperbaiki. Padahal, dari hari ke hari ada saja pengendara sepeda mo­tor yang terperosok lubang jalan, hingga mengalami luka-luka. Terlebih, kerusakan tidak hanya di satu titik,melaikan disepanjang jalan Soekarno-Hatta tersebut kondisinya rusak berat,” ujar Beni.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ru­ang (DPUPR) Lebak, Wawan Kuswanto mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perbaikannya. Karena, jalan tersebut bukan kewenangannya. Dimana, pengawasan­nya kewenangan Pemerintah Pusat.

“Jalan By Pass ini adalah Jalan Nasional, yang perbaikannya tanggung­jawab pihak Kementerian PUPR. Namun, agar secepatnya diperbaiki, pi­haknya akan segera menginformasikan dan mengkoordinasikan ke perwakilan Kementerian PUPR yang ada di Banten. Agar segera ditanggulangi,” ungkap Wawan. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.