Kekurangan ASN Mencapai 1.200 Orang

321 Pegawai Pensiun Tahun Ini

TIGARAKSA, SNOL—Sebanyak 321 Aparatur Sipil Negara (ASN) di ling­kungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memasuki masa pensiun tahun ini. Akibatnya, Pemkab terus mengalami kekuran­gan pegawai sejak larangan peneri­maan atau pengangkatan ASN sejak tahun 2015 lalu. Saat ini kekuran­gan pegawai sudah mencapai 1.200 orang.

Kasubid Penataan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengemban­gan Sumber Daya Manusia (BK­PSDMKabupaten Tangerang, Juhri mengatakan, sebanyak 321 ASN di lingkungan Pemkab Tangerang akan pensiun tahun ini. Pegawai yang pensiun didominasi oleh kalangan guru pengajar di sekolah negeri se-Kabupaten Tangerang.

“Mereka yang pensiun tahun ini terdiri dari berbagai golongan, mulai dari Kadis, Kabid, Kasi hingga pelak­sana teknis lapangan. Jumlahnya mencapai 321 orang, paling banyak kalangan guru pengajar,” kata Juhri, kepada Satelit News, kemarin.

Setelah 321 ASN tersebut pen­siun di tahun ini, kata Juhri, berarti kekurangan ASN di lingkup Pemkab Tangerang kian bertambah. Dikare­nakan, penerimaan atau pengang­katan ASN di lingkungan Pemkab Tangerang tidak dapat dilakun sejak 2015 lalu, sehingga total kekurangan pegawai mencapai 1.200 orang.

“Kalau ditotal, kekurangan akibat pensiun kurang lebih 1.200 orang. Hal itu menyusul larangan pengang­katan oleh pusat sejak 2015 lalu. Meski ASN terus berguguran karena pensiun, namun pengangkatannya ditiadakan,” jelasnya.

Meski jumlah pegawai terus berkurang, Juhri memastikan, hal itu tidak akan terlalu berpengaruh pada proses belajar mengajar di sekolah dan dalam pelaksanaan roda pemer­intahan di Kabupaten Tangerang. “Keberadaan para tenaga honorer di lingkungan Pemkab Tangerang juga sangat membantu pemerin­tahan dan pendidikan di Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Sementara itu, Lanjut Juhri, ber­dasarkan informasi yang diteriman­ya bahwa pemerintah pusat beren­cana membuka penerimaan ASN di seluruh Indonesia untuk mengisi kekosongan personil dan jabatan yang selama ini terjadi. “Infonya tri­wulan tiga ini, antara Juli atau Maret akan ada penerimaan ASN lagi oleh pusat,” jelasnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Surya Wijaya menam­bahkan, akan ada sejumlah ja­batan setingkat kepala dinas di lingkup Pemkab Tangerang yang akan memasuki masa pensiun. Pihaknya mengaku telah menga­jukan permohonan kepada Penja­bat Bupati Tangerang, Komarudin, agar proses open biding bis segera dibuka agar kekosongan sejumlah jabatan setingkat Kadis bisa bisa segera diisi.

“Sudah kita ajukan kepada Pak Bu­pati melalui Sekda agar open biding bisa segera dibuka, karena akan ada sejumlah Kadis yang akan pensiun ta­hun ini,” pungkasnya. (mg1/aditya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.