Tingkat Partisipasi Masyarakat Dinilai Rendah

Terkait Peringatan HUT Kota Cilegon ke-19

CILEGON, SN--Ketua Panitia HUT Kota Cilegon yang ke-19, Dana Sujaksani mengaku prihatin dengan minimnya tingkat partisipasi elemen masyarakat dalam merayakan peringatan hari jadi daerah. Perhatian ini tertuju terutama pada rendahnya kesadaran kalangan usaha yang terdiri dari pertokoan, perbankan dan sejumlah pusat keramaian di sepanjang jalur protokol lantaran tidak memasang atribut spanduk maupun umbul-umbul guna menyemarakkan hari jadi yang diperingati setiap 27 April tersebut.

“Ini kan ulang tahun bersama kok, ulang tahun kita sebagai bagian masyarakat, bukan ulang tahun Pemkot. Kita sejak jauh hari sudah memberikan imbauan melalui Camat dan Lurah agar masyarakatnya memasang spanduk atau umbul-umbul kaitan dengan ulang tahun Cilegon yang ke 19,” ujar Dana di ruang kerjanya, Selasa (24/4).

Kenyataan di lapangan tak sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah daerah. Imbauan dalam surat instruksi bernomor 3 tahun 2018 yang diteken langsung oleh Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi itu cenderung terkesan diabaikan. Padahal Pemkot berharap adanya kemeriahan melalui partisipasi usahawan lantaran jalur protokol yang kerap dilalui masyarakat.

“Sejauh ini memang saya lihat, hanya ada beberapa toko saja yang memasang (atribut spanduk dan umbul-umbul), saya sangat prihatin dan saya sudah mengimbau ulang kepada Camat dan Lurah untuk menegur kembali masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing. Saya sih berpikir positif saja, mungkin mereka (pertokoan, perbankan dan pusat keramaian) sibuk, jadi harus diingatkan,” kata Asisten Daerah III Setda Kota Cilegon ini.

Pada bagian lain, salah seorang pemilik pertokoan di sepanjang jalur protokol beralasan, belum mengetahui adanya imbauan pemasangan atribut spanduk maupun umbul-umbul lantaran belum menerima surat imbauan apa pun. “Saya belum tahu (ada imbauan pemasangan spanduk dan umbul-umbul). Memangnya tanggal berapa ulang tahunnya?,” tanya balik pemilik toko yang menolak menyebutkan identitasnya ini ke wartawan. (bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.