315 Ribu Baby Lobster Gagal Diselundupkan

Selama Tahun 2018

BANDARA, SNOL—Balai Besar Karan­tina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I berhasil menggagalkan ratu­san ribu penyelundupan benih lobster sepanjang tahun 2018. Upaya tersebut dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

“Sejak Januari hingga Desember (2018) ini kami mencatat sebanyak 315.658 ribu benih lobster yang dise­lundupkan dengan berbagai modus,” kata Kepala BKIPM Jakarta I, Habrin Yake di Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (28/12).

Dirinya menyebut, penyelundu­pan baby lobster melalui Bandara Soetta paling banyak dengan modus hand carry atau dibawa langsung menggunakan koper.

“Modusnya beragam, paling banyak dibawa langsung oleh si pelaku atau kurir. Ada juga diselundupkan melalui barang kiriman atau kargo,” jelas Habrin.

Tak hanya itu, BKIPM Jakarta I juga menggagalkan berbagai upaya penyelundupan hasil kelautan dan perikanan lainnya. Seperti Lobster bertelur sebanyak 243 ekor, kepiting dalam kondisi bertelur seban­yak 1.539 ekor dan kepiting dibawah ukuran 200 gram.

“Ada juga upaya penyelundupan lainnya melalui Bandara Soekarno-Hatta yang kami gagalkan. Seperti sirip ikan hiu dan kuda laut,” kata Habrin.

Habrin menerangkan, dalam menggagalkan upaya penyelundu­pan baby lobster, pihaknya tidak bekerja sendiri. Namun, atas ker­jasama dengan berbagai pihak atau stakeholder di Bandara Soetta.

“Kami bekerjasama Bea Cukai, Kepolisian dan Avsec (Aviation Se­curity),” terang Habrin. (iqbal/gatot)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.