Kemenhub Izinkan Penggunaan Wifi di Pesawat

JAKARTA,SNOL Keinginan masyarakat untuk bisa menggunakan fasilitas internet di dalam pesawat komersil tampaknya segera terwujud. Kemenhub sudah memberikan lampu hijau agar pesawat bisa menggunakan wifi.

“Tapi tidak semua jenis pesawat dan peralatan wifi diberikan persetujuan,” ungkap Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang S Ervan, saat ditemui di Kantor Kemenhub, Senin (8/7).

Ia mengatakan, jenis pesawat yang bisa menggunakan fasilitas wifi ini diantaranya jenis Boeng 777 dan Airbus. “Pabrik pesawat yang bisa menggunakan wifi sudah mendapatkan amandement type certificate dan peralatan wifi-nya sudah memperoleh suplement certificate,” bebernya.

Bambang menambahkan, pesawat yang bisa menggunakan fasilitas wifi di Indonesia harus mendapatkan sertifikat dari Kemenhub setelah lolos uji kelaiakan.

“Jensi pesawat dan peralatan wifi harus terdaftar di Kemenhub agar pesawat bisa menggunakan wifi di Indonesia. Selanjutnya masalah perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika,” pungkas Bambang. (ian/jpnn)